Profil Saya
- Agus Sunantyo
- Staff Pengajar di SMA Negeri 1 Tanjung Selor Masa kerja : 26 Juli 1989 - sekarang, Mengajar : Sejarah dan Geografi, Pembina Ekskul : KIR,Basket,Karate
Materi Sejarah
Materi Geografi
Diberdayakan oleh Blogger.
Entri Populer
-
Pernyataan Seruduk Mbok Di Laut Menunjang Wisata Budaya Wakatobi sesungguhnya adalah suatu akronim dari eksistensi adat Serumpun, Duwata, ...
-
FORMAT PENULISAN a. Usul Penelitian dibuat dengan ukuran kuarto (A4) atau F4 b. Sampul Usul Penelitian c. Pengetikan Usul Pe...
-
A. ABSTRAK Maksimal dua halaman Merupakan sebuah esei yang utuh tanpa mempunyai sub ...
-
Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar , berikut rangkuman caranya: Langkah-Langkah Dalam Membuat Makalah: 1. Sebelum membuat makalah ...
-
1. PEDOMAN UMUM a. Artikel ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan kerapatan 1,5 spasi. b. Menggunakan ...
-
Disampaikan informasi kepada peserta didik kelas XI ( Geografi ) dan XII ( Sejarah )bahwa penyerahan proposal KTI dan Hasil KTI sebagai beri...
-
Bagi seluruh peserta didik kelas XI-IPS setelah melaksanakan ujian semester 2 mata pelajaran geografi tahun 2012 diberitahukan bahwa : 1. ...
-
Ketentuan Umum : 1. Kertas A4 2. Times Roman 12 3. Spasi 1.5 4. Kelompok kerja 5. Dikumpulkan pada pertemuan I setelah liburan Idul Fit...
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Selama ini proses pembelajaran Sejarah di kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial keban...
-
Sehubungan dengan semakin dekatnya pelaksanaan Ujian Semester Genap maka untuk pengumpulan KTI sebagai tugas akhir mata pelajaran Geografi b...
Followers
Jumat, 14 Januari 2011
A. ABSTRAK



- Tujuan penelitian
- Obyek dan atau tempat penelitian
- Metodologi penelitian
- Hasil penelitian


B. BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
A. Menguraikan secara singkat mengapa atau latar belakang apa yang menjadikan masalah tertentu diteliti
B. Masalah tidak pernah berdiri sendiri
C. Masalah selalu berkonstelasi lainnya
D. Sering pemecahan masalah dapat menimbulkan masalah baru
E. Diperlukan adanya identifikasi obyek yang menjadi masalah
F. Uraian ini bisa meliputi identifikasi dan pembatasan masalah
2. Identifikasi Masalah
A. Memaparkan berbagai kemungkinan masalah yang teridentifikasi dari permasalahan penelitian
B. Merupakan tahap permulaan dari penguasaan masalah
C. Berupa sejumlah pertanyaan (bila bukan pertanyaan tetapi memerlukan jawaban)
D. Pertanyaan masih berkonstelasi dengan latar belakang masalah
3. Perumusan Masalah
A. Menguraikan masalah-masalah pokok yang menjadi pusat perhatian penelitian dalam bentuk rangkaian pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya akan diuji melalui penelitian yang dilakukan
B. Upaya untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan apa saja yang ingin dicari jawabannya
C. Dijabarkan dari identifikasi dan pembatasan masalah
D. Merupakan pertanyaan yang lengkap/terperinci mengenai ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah
E. Mengarahkan cara berpikir peneliti
F. Memberi arah pada kajian teroritis berdasarkan pengetahuan ilmiah yang relevan
G. Memberi arah dalam melakukan pengujian secara empiris
4. Pembatasan Masalah
A. Berupa penetapan lingkup permasalahan dari berbagai masalah yang teridentifikasi sesuai tujuan penelitian
B. Upaya untuk menetapkan batas-batas permasalahan dengan jelas
C. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang termasuk dalam lingkup permasalahan
D. Untuk memperjelas fokus masalah
E. Untuk merumuskan masalah
Judul Penelitian
Dapat diambil dengan mempertimbangkan perumusan masalah yang diajukan.
Contoh perumusan masalah diatas :
1. PM: Apakah terdapat hubungan antara X dan Y ?
Judul: Hubungan antara X dan Y. Atau
Korelasi antara X dan Y dst
2. PM: Apakah terdapat pengaruh X terhadap Y ?
Judul: Pengaruh X terhadap Y. Atau
Studi Komparatif X terhadap Y dst.
3. PM: Apakah melalui X dapat meningkatkan Y ?
Judul: Upaya meningkatkan Y melalui X. Atau
Melalui X untuk meningkatkan Y dst.
5. Tujuan Penelitian
A. Menjelaskan jawaban atas pertanyaan atau masalah-masalah pokok yang diajukan
B. Pertanyaan pada identifikasi masalah tidak harus dijelaskan
6. Manfaat Penelitian
A. Menjelaskan kegunaan / manfaat yang mendasari argumentasi tentang pentingnya penelitian yang dilakukan
B. Kegunaan penelitian dapat berupa :
- Kegunaan Teoritis: berupa pengetahuan baru
- Kegunaan Praktis: berupa jawaban pemecahan masalah
C. Berhubungan erat dengan latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah.
C. BAB II KAJIAN TEORI dan PENGAJUAN HIPOTESIS
1. Landasan Teori
A. Berisi ringkasan dan tinjauan teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang diteliti
B. Membahas teori-teori yang berhubungan dengan variabel-variabel penelitian
C. Sebagai dasar argumentasi dalam mengkaji persoalan
D. Sebagai dasar untuk mendapatkan jawaban yang diandalkan
E. Sebagai alat untuk membantu memecahkan masalah
2. Penelitian yang Relevan
A. Penelitian terdahulu dikaitkan dengan variabel-variabel penelitian
B. Untuk menghindari duplikasi
C. Mendukung/menolak penelitian yang lalu
D. Untuk mengembangkan teori baru (karena ilmu bersifat komulatif)
E. Sebagai titik tolak dari penelitian yang dilakukan
3. Kerangka Berpikir
A. Berisi analisis, kajian dan simpulan secara deduksi hubungan antar variabel berdasar kepada teori dan hasil-hasil penelitian yang telah dibahas
B. Merupakan pendapat dan pandangan penulis terhadap teori yang dikemukakan
C. Merupakan penjelasan sementara terhadap gejala yang menjadi obyek permasalahan
D. Alur pikiran yang logis
E. Stuktur logikanya didasarkan :
i. Mempergunakan premis-premis yang benar
ii. Mempergunakan cara penarikan kesimpulan yang sah
F. Didasarkan kepada argumentasi berpikir deduktif, guna menjamin:
G. - Kebenaran pernyataan ilmiah yang telah teruji lewat proses keilmuwan, sehingga jawaban yang diperoleh benar pula.
H. - Keabsyahan yang diakui sebagai pengetahuan ilmiah yang ditarik secara deduktif akan bersifat konsisten
I. Bukan sebagai kumpulan teori, melainkan teori yang dipilih secara selektif untuk membangun kerangka argumentasi.
J. Berupa kesimpulan, misalnya “Berdasarkan analisis ini diduga bahwa .............”
K. Mencerminkan pernyataan klimak dari seluruh upaya dalam membangun kerangka teoritis yang mendukung hipotesis
4. Pengajuan Hipotesis
A. Di peroleh berdasar kesimpulan pemikiran deduksi dari argumentasi ilmiah terhadap variabel-variabel penelitian yang dipermasalahkan.
B. Tidak boleh diajukan sembarang, melainkan harus dikembangkan dari kerangka piker (klimaks dari kerangka berfikir)
D. BAB III METODOLOGI PENELITIAN
1. Tujuan Penelitian (Khusus, secara lengkap dan operasional apabila belum dimuat dalam bab I)
- Menjabarkan tujuan umum penelitian menjadi tujuan yang lebih operasional guna dapat mengarahkan pelaksanaan penelitian.
- Dalam bentuk pernyataan yang mengidentifikasikan variabel-variabel dan karakteristik hubungan yang akan diteliti
2. Tempat dan Waktu Penelitian
- Menjelaskan dimana penelitian itu dilakukan
- Menjelaskan kapan penelitian itu dilakukan
3. Metode dan Rancangan Penelitian
- Berisi uraian tentang metode pelaksanaan penelitian dan rancangan pelaksanaannya.
- Rancangan penelitian mengemukakan gambaran umum cara dan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pengamatan dan pengukuran agar diperoleh data dengan kesalahan yang akan minimal
i. Metode Survai
1. Data dicari melalui kuesioner
2. Menggunakan sampel untuk mewakili populasi
3. Mempelajari hubungan variabel-variabel
ii. Metode Eksperimen
1. Ada perlakuan
2. Untuk mengetahui hubungan sebab akibat
3. Ada kelompok control
iii. Metode Grounded Research
1. Kualitatif
2. Data dikumpulkan melalui wawancara bebas (bisa dilakukan melalui pengamatan, dokumentasi)
3. Sumber teorinya dari data, sehingga disebut grounded
4. Populasi Sampel dan Teknik Sampling
- Populasi adalah semua objek/unit atau kumpulan individu yang akan diteliti
- Sampel adalah sejumlah/sebagian unit yang diambil/dipilih dari populasi
- Teknik Sampling
i. Simple Random Sampling (Sampel acak sederhana)
ii. Sampling acak sistematik (Systematic Random sampling)
iii. Sampling acak berlapis (Stratified random sampling)
iv. Sampling acak bergerombol (Cluster Random sampling)
v. Sampling bertujuan (Purposive Sampling)
5. Teknik Pengumpulan Data
- Angket atau kuesioner
- Wawancara mendalam
- Diskusi kelompok terfokus (FGD)
- Jajak pendapat atau polling
- Observasi
D. BAB IV HASIL PENELITIAN
1. Melaporkan hasil penelitian semua variabel yang diteliti secara deskriptif (Deskripsi Data)
a. Melaporkan hasil pengukuran setiap variabel secara Deskriptif
b. Menggunakan statistik deskriptif (mengelola data dan menyampaikan hasilnya) dalam tubuh tulisan.
c. Laporan tiap variabel (bukan secara menyeluruh)
2. Menguji Persyaratan Analisis
3. Melakukan Pengujian Hipotesis
4. Memberikan Penafsiran Terhadap Hasil Pengujian Hipotesis
5. Menarik Kesimpulan Penelitian Mengenai Penerimaan atau Penolakan Hipotesis
E. BAB V PENUTUP
1. Simpulan
- Merupakan sintesis dari berbagai penemuan Penelitian
- Bersifat terpadu dan menyeluruh, mengemukakan seluruh hasil penelitian sebagai kesatuan yang utuh dari data yang bersifat terpisah (berbeda dengan hasil penelitian yang bersifat automistik dan sintetik tiap variabel)
- Dapat dilanjutkan Pembahasan kesimpulan Penelitian dari berbagai teori keilmuan dan hasil Penelitian lain yang relevan.
2. Saran
- Di dasarkan pada kesimpulan penelitian yang diperoleh
- Di jabarkan secara terinci (misalnya untuk depdiknas, lembaga, Kepala Sekolah, guru, siswa)
- Bersifat operasional, mudah dimengerti
PENUNJANG
A. Daftar Pustaka
1. Andreas Priyono,2000,Pedoman Praktis Pelaksanaan Penelitian,PPPM SLTP Depdiknas
2. Komang T.Dewa dkk,2004,Pedoman Penelitian,PPPM SLTP Depdiknas
3. Suharsimi Arikunto,2003,Penelitian Tindakan Kelas,Ditjen Dikdasmen
B. Lampiran
1. Foto kegiatan penelitian
2. Kuisioner responden
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar